BPR Kita Centradana Memberikan Pelatihan Micro Business Game (MBG) Kepada Pelaku Usaha Mikro / Kecil

BPR Kita Centradana Memberikan Pelatihan Micro Business Game (MBG) Kepada Pelaku Usaha Mikro / Kecil

Denpasar, 17 April 2021

BPR Kita Centradana (BPR KCD) melaksanakan kegiatan pelatihan Permainan Usaha Mikro atau Micro Business Game (MBG) pada tanggal 16-17 April 2021 di Bhumiku Convention Center, Jl. Gunung Soputan, Denpasar, Bali.

Kegiatan tersebut adalah sebagai implementasi hasil Training of Trainer (TOT) yang diperoleh staf BPR Kita Centradana yang sudah diseleksi oleh German Sparkassentiftung (salah satu lembaga keuangan terbesar di Jerman). Setelah seleksi, trainer wajib melakukan pelatihan kepada pelaku usaha mikro/kecil yang ada di Bali.

Salah satu tujuan proyek German Sparkassenstiftung (DSIK) pada fase awal kerja sama untuk penguatan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah agar BPR mitra proyek mampu untuk memberikan edukasi keuangan dan pengetahuan kepada para pengusaha mikro dan kecil, melalui pelatihan permainan usaha mikro atau Micro Business Game (MBG), yang dilatih nantinya oleh trainer-trainer MBG dari BPR.

MBG merupakan salah satu business games yang dikembangkan oleh Sparkassenstiftung dan telah diimplementasikan pada proyek sebelumnya dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) mulai tahun 2015 dengan Bank Jateng, Bank Sumut, dan BPD DIY. Saat ini proyek Sparkassentiftung adalah dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Bali.

BPR Kita Centradana (BPR KCD) terpilih sebagai salah satu BPR yang memperoleh pendampingan teknis tersebut, dimana salah satu program yang dikembangkan adalah implementasi pelaksanaan Permainan Usaha (Business Game). Sampai saat ini, telah diseleksi dan dilatih dalam sebuah program pelatihan intensif (training of trainers) oleh Tim Master Trainer Sparkassentiftung sebuah teknologi yang telah dikembangkan oleh Sparkassenstiftung dan telah di aplikasikan di 22 Negara di dunia, berupa Micro Business Game (MBG).

Pelatihan Permainan Usaha Mikro merupakan sebuah metode edukasi interaktif untuk memberikan pengalaman tentang cara mengembangkan usaha skala mikro/ kecil secara efektif dengan memperhatikan kaidah manajemen usaha yang baik melalui sebuah simulasi/ permainan, dimana dalam pelaksanaannya mempergunakan kaidah pembelajaran orang dewasa.

Tujuan dilaksanakannya MBG bagi pengusaha Mikro/ Kecil, adalah agar mereka lebih mampu untuk:

1. Memahami cara berpikir dan bertindak sebagai wirausaha dan menerapkannya selama simulasi.

2. Memahami cara mengembangkan usaha kecil dan menengah lebih lanjut dan menemukan tantangan beserta peluang di masa depan.

3. Memahami dasar prinsip-prinsip akuntansi dan pengendaliannya serta menerapkan alat keuangan (laporan) sederhana selama simulasi

4. Mengembangkan pemahaman mendalam akan pelanggan dan pengetahuan pemasaran dasar.

5. Menyadari adanya dinamika dan persaingan pasar.

6. Memahami hubungan antara lembaga keuangan mikro dan nasabahnya, serta menyadari implikasinya.

Pelatihan bertujuan untuk memberdayakan sektor usaha mikro dengan memberikan pengetahuan berdasarkan pengalaman yang telah teruji di banyak negara sehingga diharapkan sektor usaha mikro akan mampu menjadi penopang ekonomi di Denpasar – Bali.

Bagi PT BPR Kita Centradana, Pelatihan Permainan Usaha Mikro ini merupakan salah satu bentuk implementasi literasi keuangan.